Friday 4 April 2014

Tips menghadapi Ujian Nasional (UN)

Ujian Nasional (UN) tinggal menghitung hari, udah kaya lagunya KD aja yang kaya gini. 
Menghitung hari
Detik demi detik


 Pada tanggal 14-16 April SMA/SMK sederajat akan melaksanakan UN. Tanggal 5-8 Mei SMP/MTS sederajat yang akan melaksanakan UN. Maupun SD juga akan melaksanakan UN. Di tahun ini juga gue UN, ya gue sekarang kelas 3. Gak kerasa, baru dapat teman baru, baru main sebentar, dan sebentar lagi bakal berpisah aja. Pengen rasanya pas perpisahan gue bawain lagunya Sheila On 7 – Sebuah Kisah Klasik . Tapi kayanya gak mungkin, yang ada bukannya terharu sama lagunya tapi malah mules gara-gara suara gue. #miris

Udah ngomong tentang perpisahan aja, padahal UN aja belum. Ngomongin UN, nih gue udah punya 2 pengalaman menghadapi UN.  Ya waktu UN SD & SMP. Gue mau berbagi sedikit tips menghadapi UN versinya gue:

1.       Beberapa hari sebelum UN, coba cari di ruangan mana lo duduk. Cari tempat lo duduk, cari tempat nyontek yang aman dan nyaman. Itu kalo lo mau nyontek sih, kalo ga ya jangan kaya gue nih hehe.
2.      Santai gausah terlalu tegang, ga enak juga kalo terlalu tegang sempit itu celananya. Lah malah kesitu, maksudnya ya kalian kan udah belajar lama masa dibuat down sama 3 hari itu. Tapi jangan sampe nyepelein juga.
3.      Berdo’a jangan lupa. Minta do’a restu sama orang tua.
4.      Siapin alat tulis, jangan lupa cukup pensil yang 2B, gausah yang 36B itu ukuran apaan. Bawa penghapus karet, bukan karet gelang. Bawa papan ujian cukup yang ukuran : 23x34 cm gausah bawa papan triplek.
5.      Sebelum berangkat pastiin boker dulu, menurut buku yang gue baca orang sukses itu yang waktu paginya boker.
6.      Datang maksimal 45 menit sebelum ujian dimulai, karena kalo lo kebelet lagi masih ada waktu buat boker di sekolah.
7.      Isi biodata dengan benar, isi nama lo bukan username twitter buat nambah follower.
8.      Tulis tanggal UN dengan benar,  yang punya pacar jangan tulis tanggal jadian, yang ga bisa move on jangan tulis tanggal putus, yang jomblo jangan tulis tanggal di tolak.
9.      Kerjain soal yang menurut lo paling gampang dulu. Kalo menurut lo susah semua, sabar aja.
10.   Kalo lo dapet KJ, jangan percaya sama itu. Tapi ga ada salahnya lo bawa takut kepepet.


Intinya kita harus siap, tapi tetep santai jangan sampe stres yang malah bakal bikin down lo. Semoga tips dari gue ini dapat membantu kalian semua yang akan menghadapi UN. Gue juga berharap seluruh siswa di negeri kita bisa lulus 100%.

8 comments:

  1. oke fix boker sebelum UN

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu perlu, supaya tenang nanti pas ngerjain UN-nya

      Delete
  2. Mantab banget ini tipsnya. Dijalanin ah:))

    ReplyDelete
  3. pas banget nih, gue juga mau ngadepin UN.
    semoga tips ini bermanfaat buat gue.
    kalau boleh gue minta tolong nih, kunjungi blog gue :
    http://nafarinm.blogspot.com/2014/03/mohon-doa-agar-sukses-uas-dan-un-2014.html

    bantu doa dan beri komentar aamiin ya, thanks..

    ReplyDelete